Wednesday, September 12, 2007

SINTUA DAN KEPALA DESA

KETIKA "HASINTUAON" BERBICARA

St. Soloan Sihotang
(Kepala Desa Sihotang Hasugian Dolok 2; Kec. Parlilitan; kab. Humbahas)

Amang St. Soloan Sihotang tinggal 30-an tahun di Jakarta. Secara ekonomi beliau lumayan berhasil. Tetapi, beliau memilih untuk menjual rumahnya dan kembali ke kampung halaman. “Orang Batak memiliki falsafah hamoraon, hagabeon, hasangapon”. Saya tidak memiliki ketiganya, tetapi saya bahagia dengan apa yang Tuhan anugerahkan kepada saya ”, tuturnya. Saya bahagia jika saya bisa melakukan sesuatu untuk menolong penduduk di kampung, tambahnya.

Setelah sekitar 6 tahun tinggal di desa itu, beliau dilantik menjadi Kepala Desa pada Agustus 2007. Beliau langsung melakukan terobosan. Misalnya, beras miskin yang biasanya disalurkan oleh Kepala Desa (yang biasanya tidak seluruhnya sampai kepada masyarakat), beliau percayakan kepada “raja-raja huta” (kepala lorong) dengan pengawasan beliau, sehingga seluruhnya beras miskin tersebut tersalurkan kepada mereka yang pantas menerimanya. “Kehidupan masyarakat sudah sangat memprihatinkan, jangan sampai bantuan kepada rakyat dikorupsi, tandasnya. Rahasianya? Menurut beliau “TOHONAN HASINTUAON, lebih dikedepankan”. Beliau menuturkan bahwa Bupati Humbahas, Bapak St Maddin Sihombing dan Wakil Bupati, bapak Simanullang memberi keteladanan dalam hal ini.

Mengenai beasiswa yang diberikan oleh warga jemaat HKBP Singapura ke Kecamatan Parlilitan, menurut beliau merupakan pertolongan yang sangat mereka butuhkan. Memang, siswa SMP tidak membayar uang sekolah lagi, tetapi para orangtua mereka tidak mampu membeli perlengkapan sekolah lainnya seperti pakaian dinas, sepatu, alat-alat tulis dan sebagainya. Siswa SMU dan SMK membayar uang sekolah dari Rp. 50.000 – Rp. 60.000 per bulan.

Harapan beliau kiranya para perantau yang mendapat berkat dari Tuhan rela membantu masyarakat di desa yang beliau pimpin, seperti memberi sumbangan pikiran bagaimana membangun kehidupan desa dan memberi modal untuk usaha skala kecil.

Saya bertemu beliau di Singapur ketika beliau mengunjungi putri tunggalnya yang bekerja di Malaysia dan jalan-jalan ke Singapura. Terima kasih kepada amang St S. Sihotang yang memiliki komitmen dan integritas yang patut dicontoh. Tuhan memberkati.

Singapore, 12/9/2007
Victor Tinambunan

================================


INFORMASI PENYALURAN BEASISWA
DARI ORANGTUA ASUH - SINGAPURA


Bapak Dan Ibu orangtua asuh yang kami kasihi di dalam Tuhan,
Bersama-sama dengan orangtua dan anak-anak penerima beasiswa, saya juga berterima kasih kepada bapak dan ibu atas kepedulian dan pertolongan nyata bapak/ ibu membantu anak-anak ini. Doa dan harapan saya kiranya Tuhan senantiasa menguatkan dan memeberkati bapak dan ibu dalam menjalai kehidupan, pekerjaan dan pelayanan sehari-hari.
Perkenankanlah saya menginformasikan beberapa hal berikut:

1. Gelombang I ada 14 anak yang kita bantu
2. Gelombang II sejumlah 54 orang
3. Beasiswa kepada 13 orang siswa yang berada di Kecamatan Parlilitan disalurkan oleh Bapak St. T. Tinambunan. Sebelumnya, kami mengirimkan beasiswa tersebut dari Batam ke rekening beliau di BRI Doloksanggul (Slip pengiriman tersedia). Untuk lebih memudahkan, mulai bulan September 2008 beasiswa ditransfer dari rekening ibu Ny Pdt Tinambunan br Pangaribuan setiap bulan dengan cara internet bank (slip bukti transfer tersedia).
4. Bapak St T. Tinambunan harus mengambil uang beasiswa tersebut dari Parlilitan ke Doloksanggulyang berjarak 40 Km (memebutuhkan waktu 3 jam pulang pergi). Tetapi hal itu beliau lakukan dengan sukarela dan tidak perlu diberikan biaya transportasi. Beliau juga telah mengirimkan foto-foto dan data-data siswa minggu yang lalu dan membutuhkan biaya Rp. 60.000 ditambah biaya prangko surat-surat sebelumnya dan biaya SMS untuk menghubungi kami. Kami akan mengirimkan penggantinya kepada beliau bersamaan dengan pengiriman beasiswa bulan Oktober. Jika kita ingin secara langsung menghubungi beliau tentang beasiswa ini, dapat kiat hubungi di +6281370042826.
5. Beasiswa dari Kel Bapak Ramses Butar-butar kepada David Barita Hutabarat (mahasiswa di Pematangsiantar), sejak September ini juga ditransfer setiap bulan dengan sistem internet bank (slip bukti transfer tersedia). Bapak Ramses Butarbutar sudah menerima surat dari David Barita Hutabarat.

Daftar Nama Siswa Penerima Beasiswa Tahap I dan Donatur:

1
Sudiono Hutabarat
Kelas II SMAN Parlilitan
SGD 10: Dari Bp. Johny Tobing, sejak Juli 2007-Oktober 2008
2
Imron Parulian Sihotang
Kelas III SMPN Parlilitan
SGD 10: Dari Bp. Johny Tobing , sejakJuli 07
3
Rispan Sihotang
Kelas III SDN Siringoringo
SGD 5: Dari Christi Tinambunan, sejak Juli 07
4
Katri Sihotang
Kelas II SMPN 3 Parlilitan
SGD 10: Dari Ibu Gloria Gultom, sejak Juli 07
5
Soski Tinambunan
Kelas II SMPN 3 Parlilitan
SGD 10, dari Ibu Gloria Gultom, sejak Juli 07
6
Grace Solafide Tiana Simbolon
SMPN 3 Parlilitan
SGD 10: dari Bp Sahat Gultom, sejak Pebruari 07
(Lulus Juni 2008)
7
Anastasia Maharaja
SMPN 3 Parlilitan
SGD 10: dari Bp Sahat Gultom , sejak Pebruari 07
8
Arbi Saputra Sihite
SMPN 3 Parlilitan
SGD 10: dari Bp Sahat Gultom, sejak Pebruari 07
9
Irvan Roy Sitohang
SMPN 3 Parlilitan
SGD 10: dari Bp Sahat Gultom, sejak Pebruari 07
10
Rinto Priono Maharaja
SMKN 1 Parlilitan
SGD 10: dari Bp Sahat Gultom
Pebruari 07
11
Ellin Adventus Harahap
SMKN 1 Parlilitan
SGD 10: dari Bp Sahat Gultom, sejak Pebruari 07
12
David Hutabarat
Mahasiswa S1 Pematang Siantar
SGD 50: dari Bpk Ramses Butarbutar, sejak Agustus 07
(berhenti sejak Oktober 2008)
13
Gaberdus Sihotang
SMP Negeri 3 Parlilitan
SGD 10: dari Tobias Hutagaol, sejak September 07
14
Tulus Duitro Sitohang
SMP Negeri 3 Parlilitan
SGD 10: dari Tobias Hutagaol, sejak September 07
15
Imran Tumanggor
Kls I SMK GKLI Sihabonghabong
SGD 10

16
Sikkat bancin
Tkt II STT HKBP Pematangsiantar
One time grant Rp. 500.000 untuk beli buku-buku
.
PERKENANKANLAH SAYA MEMOHON KERELAAN BAPAK/IBU/ SDR MENOLONG ANAK-ANAK YANG SANGAT MEMBUTUHKAN PETOLONGAN KITA AGAR MEREKA DAPAT MELANJUTKAN PENDIDIKANNYA. SILAHKAN MENGHUBUNGI KAMI UNTUK MENYALURKAN BANTUAN:
Salam sejahtera,
Pdt Victor Tinambunan

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai komentar Anda yang membangun.


ShoutMix chat widget