Wednesday, April 1, 2009

MENGHADAPI ORANG-ORANG SULIT

Untuk sementara, saya berharap Anda memikirkan masalah ini lebih dahulu. Terus terang saya masih bergumul dalam soal yang satu ini. Yang dimaksud dengan 'orang-orang sulit' pun saya belum begitu jelas. Saya memang sudah pernah mendengarnya. Bahkan, kalau tidak salah, ada buku khusus membahas masalah ini. Intinya, 'orang-orang sulit' merupakan sebuah label 'negatif', yang sulit dihadapi, sulit diajak bersepakat, sulit berubah, sulit dipercaya dan sebagainya.

Sekiranya Anda mempunyai pemikiran seputar masalah ini, atau Anda mengetahui sumber yang dapat digali untuk memahami dan mengatasi masalah ini, mohonlah kesediaan Anda memberi masukan. Sampai ketemu minggu depan.

===========
Hari ini, Rabu, 8 April 2009 'topik sulit' ini belum bisa saya masuki. Untunglah ada masukan dari Pdt Wissel Siregar dari Duri yang mengatakan seperti ini:

Judulnya saja menghadapi orang sulit. Karena itu menjelaskannya juga sangat sulit. Tidak mudah melakukan survey tentang topik ini karena menemui orang-orang seperti ini juga sangat sulit. Pokoknya serba sulit deh semuanya. Jadi daripada susah karena orang-orang ini lebih baik kita mengalah saja kepada orang sulit. Dan tidak usah memperpanjang lebar membicarakan mereka. Karena biasanya orang-orang sulit juga sangat mudah tersinggung.

Masih ada pendapat yang lain? Sambil menunggu pendapat Anda, cobalah pikirkan:
- Apa ciri-ciri orang sulit?
- Bagaimana menghadapi orang sulit?
- Jangan-jangan kita termasuk orang sulit!

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai komentar Anda yang membangun.


ShoutMix chat widget