Tuesday, April 1, 2008

TINAMBUNAN


Marga Tinambunan

"Marga Tinambunan masuk apa? Apakah itu masuk Tambunan?" Begitu pertanyaan yang sering muncul ketika marga Tinambunan berkenalan. Wajar saja, sebab marga Tinambunan setahu saya tidak ada yang namanya 'public figure' seperti artis, pengacara kondang, apalagi presiden Indonesia.

Marga Tinambunan adalah bagian dari Pomparan Raja Naiambaton (Parna). Marga Batak yang paling banyak (67 marga) dan tetap sisada anak sisada boru --tidak boleh menikahi sesama Parna. Marga Tinambunan berasal dari Simbolon.


Marga Simbolon adalah anak tertua dari si Raja Naiambaton yang lazim disebut "PARNA" Anak-anaknya meneruskan nama kakeknya Simbolon, kecuali Marga yang termasuk dalam 'Sionomhudon' yang merupakan keturunan dari Simbolon Tuan (Tuan Nahoda Raja) membawa marga sendiri Tinambunan, Tumanggor, Turutan, Pinayungan, Maharaja, Nahampun yang lazim disebut “SIONOM HUDON” Kumunitas marga ini umumnya berdomisili di Kecamatan Parlilitan Tapanuli Utara (sekarang Humbang Hasundutan) dan sebagian Dairi (Pakpak) dan Aceh Tenggara.

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai komentar Anda yang membangun.


ShoutMix chat widget