Sunday, June 28, 2009

MINYAK HABIS 34 TAHUN LAGI?

REFLEKSI MINGGU KE-26
29 Juni 2009


Saat ini 860 juta mobil lalu-lalang memenuhi jalan-jalan di seluruh dunia. [7] Dan pertambahannya meningkat setiap tahun. Jika suatu hari China memiliki satu mobil untuk 4 orang penduduk (seperti gaya hidup Amerika sekarang), maka China akan memiliki 1,1 miliar mobil. Bayangkan, berapa banyak minyak yang akan dilahapnya. Untuk menyediakan jalan dan tempat parkir saja China membutuhkan lahan setara dengan luas pertanian padi yang ada di sana sekarang. China akan membutuhkan 99 juta barrel minyak per hari (padahal produksi minyak saat ini hanya sekitar 84 juta barrel per hari [8]). Jika ini berlanjut terus, diperkirakan minyaka dunia akan ludes 34 tahun ke depan. Kita belum bicara India yang juga berpenduduk 1 miliaran dan Indonesia yang lebih dari seperempat miliar. Jika semuanya ingin sama seperti gaya hidup Amerika, bumi ini akan punah segera.

Kendaraan bermotor ditambah dengan mesin yang menggunakan minyak merupakan penyebab polusi udara yang saat ini sudah berada pada tahap yang sangat berbahaya. Seluruh dunia menghabiskan minyak 28 miliar barel setiap tahun.[1] Amerika Utara dan Asia merupakan pengguna minyak terbesar, masing-masing 25,3 juta barrel dan 21,4 juta barrel per hari.[2] Lebih khusus lagi, Amerika dan China merupakan dua negara yang merupakan sumber polusi terbesar yang mengancam kehidupan bumi ini hingga sekarang.[3] AS, pelahap minyak terbesar dunia, menghabiskan minyak 20,4 juta barrel per hari[4] –24 persen dari total konsumsi minyak dunia setiap hari[5]; sedangkan di China terdapat beberapa kota terpolusi di dunia .[6]

Di samping mengotori udara, polusi dari kendaraan juga merupakan penyumbang terbesar terjadinya pemanasan global yang sudah sangat mengancam kehidupa saat ini.
Di samping kendaraan bermotor, peswat udara juga merupakan sumber polusi udara dan pemanasan global. Pesawat udara diperkirakan menyumbang 3.5 persen terhadap pemanasan global, yang diperkirakan akan bertambah menjadi 15 persen pada 2050[9] seiring dengan pertambahan penumpang peswat udara. Persentase warga bumi yang menumbang pesawat udara sebenarnya sangat kecil, tetapi mengakibatkan polusi udara dan pemanasan global dalam persentase yang relatif besar.
.
Masih perlu kita tambahkan dua kelompok pesawat udara yang lain. Pertama, pesawat-pesawat militer yang juga menghabiskan luar biasa banyak enerji. Kedua, pesawat atau jet pribadi milik para pebisnis atau pengusaha, politikus, selebriti, termasuk televangelis Benny Hinn. Khusus yang disebut terakhir ini, Benny Hinn, ia memiliki rumah mewah seharga 10 juta US$ (sekitar Rp. 111 miliar), ia mengadakan perjalanan dengan jet pribadi dengan pengeluaran US$ 100.000 per bulan hanya untuk jet pribadinya, ia juga memiliki dua mobil Mercedes baru.[10] (Jika Anda menganggap yang seperti itulah yang diberkati Tuhan, kita perlu berpikir ulang!).
.
Pertambahan pesawat pribadi kelihatannya akan terus melaju. Pada tahun 2006 saja ada 40.000 pesawat pribadi yang dibuat. Pesawat pribadi menyemburkan 4 ton karbondioksida setiap jamnya dan hanya membawa sedikit penumpang. Artinya rasio polusi-per-penumpang lebih tinggi dari pesawat komersial. [11]

Apa hubungannya dengan kita?

  1. Keadaan alam ciptaan Tuhan dan milik Tuhan ini, sudah amat tercemar. Yang membuat, bukan hanya ‘mereka’ tetapi 'kita' secara keseluruhan. Sebab, semua yang kita konsumsi atau gunakan (kendaraan, pakaian, peralatan elektronik dsb) juga menyumbang terhadap polusi. Mungkin persentasenya berbeda-beda dari orang yang satu ke yang lain, tetapi pada dasarnya kita semuanya ikut bertanggungungjawab.
  2. .
  3. Sudah saatnya kita secara serius mempertimbangkan pola pikir dan pola hidup kita. Misalnya, kalau dulu jalan-jalan ke luar negeri merupakan sebuah simbol status yang dapat menjadi suatu kebanggaan, saat ini merupakan sesuatu yang perlu dihindari. Lain halnya karena tugas yang tidak bisa terelakkan. Atau, ketika usia sudah ujur, yang merupakan kesempatan terakhir. Ketika kita menumpang pesawat udara, kita ikut menambah polusi dan pemanasan global. Apalagi kalau jalan-jalan malah bukan sebuah refreshing. Saya pernah mendengar satu keluarga berbulan-bulan mempersiapkan perjalanan ke luar negeri hanhya seminggu. Selama seminggu berada di tempat yang dituju, mereka lelah, terkadang bingung dan juga sibuk mengambil foto-foto yang akan ditunjukkan kepada teman-temannya. Liburan pun berlalu tanpa sesuatu yang bermakna. Dalam hidup ini mungkin akan semakin banyak yang dapat kita lakukan, tetapi tidak semuanya perlu kita lakukan. Tidak semua yang mampu kita lakukan baik kita lakukan.
  4. .
  5. Ketika Allah menciptakan manausia pertama dan menghembuskan nafas kehidupan melalui lubang hidungnya, kandungan oksigen segar ada di situ. Allah memberi yang terbaik untuk kita dan kita dipanggil untuk memberi yang terbaik bagi sesama --di antaranya memberi kesempatan kepada sesama untuk menghirup udara segar.

Catatan:

Anda yang ingin mendalami masalah krisis ekologi saat ini, buku-buku dan website berikut merupakan beberapa di antara sekian banyak sumber yang baik.




[1] Colin Mason, The 2030 Spike: Countdown to Global Catastrophe, London: EarthScan, 2003, p. 11.
[2] The Worldwatch Institute, Vital Signs 2007-2008. The Trends That Are Shaping Our Future, New York: The Worldwatch Institute, 2007, p. 32.
[3] Per Larson, Your Will Be Done on Earth: Ecological Theology for Asia. An Ecumenical Textbook for Theological School, Hong Kong: CCA, 2004, p. 16.
[4] http://www.ecobridge.org/content/g_cse.htm, accessed 14 September 2007.
[5] The Worldwatch Institute ,Vital Signs, p. 32.
[6] UN-HABITAT, State of the World’s Cities 2006/2007, Sterling: Earthscan, 2007, p. 15.
[7] Lester R. Brown, Plan B 3.0: Mobilizing to Save Civilization, New York: W.W. Norton & Company, 2008, p. 13.
[8] Brown, Plan B 3.0, p. 13.
[9] http://www.ecobridge.org/content/g_cse.htm, accessed 14 September 2007.
[10] http://www.bible.ca/tongues-benny-hinn-ministries-fake-fraud-miracles-healing-prayer.htm, accessed 23 June 2009
[11] The Worldwatch Institute, Vital Signs, p. 70.

2 comments:

  1. Uraian singkat dan sederhana seputar 'enerji', menyusul pada pembahasan berikut. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih untuk tulisan yang singkat ini, tapi bagus!

    ReplyDelete

Kami sangat menghargai komentar Anda yang membangun.


ShoutMix chat widget